Monday, July 28, 2014

Timeline Mata Kuliah di ITP IPB (part 1)

Hello
Sesuai janji di postingan yang sebelumnya di sini ,

Here we go, matakuliah apa saja yang akan kamu peroleh selama menjadi mahasiswa departemen ITP IPB (khusus matakuliah mayor/ mata kuliah utama yg wajib diambil, yang merupakan kompetensi yang dierikan oleh ITP kepada mahasiswanya).

Okesip, biar seru, bayangkan kamu adalah pemuda/ pemudi Indonesia yang bercita-cita menjadi seorang ahli teknologi pangan dan ingin berbisnis dalam bidang pangan. Kamu ingin sekali membuat suatu produk makanan baru yang disukai masyarakat. Tidak hanya berasa enak dan lezat tapi juga juga bergizi. (udah kebayang? ) 

Sebelum kamu bisa membuatnya, kamu harus mengetahui ilmu-ilmu basic/dasar dulu seperti apa itu teknologi pangan dan dasar-dasarnya, sehingga matkul pertama yang akan kamu pelajari adalah

#Pengantar Teknologi Pangan
Spoiler : 
- bisa diperoleh di semester 2 atau 3
- berisi mengenai ke-teknik-an pangan dan dasar dasar tentang teknologi pangan
akan ada bberapa tugas dari dosen untuk menganalisis komponen-komponen apa saja yang terdapat produk pangan komersil yang sudah beredar di sekitar kita (roti, minyak goreng, sarden, es krim, dll terserah kamu) dan tentukan fungsi  bahan tersebut. Misal produk kamu roti merek sari roti. Nah komposisi bahan pada produk tersebut adalah terigu, gula, cokelat, dll. terigu berfungsi sbg pembentuk bahan, gula sebagai pemanis, daan lain-lain. Selain itu ada tugas juga untuk mmbuat produk olahan pangan dari sumber pangan lokal. Format nya seperti membuat paper dan ini tugas kelompok
Buku penunjang yang (kalau mau) kamu beli nantinya
Ketika kamu SMA, pasti nya pernah mendapat mata pelajaran Kimia bukan? nah kamu mulai berfikir bahan dan komponen kimia apa saja ya yang terdapat dalam bahan pangan ? sehingga kamu akan belajar tentang.....

#Kimia Pangan
Spoiler  :
- diperoleh di semester 3
- berisi tentang apa saja komponen makro (air, karbohidrat, protein, dan lemak) dan komponen mikro (vitamin dan mineral) pada bahan pangan. Selain itu juga mengenai jenis jenis enzim dan yang terdapat pada bahan pangan.
- di kuliah ini kamu akan tahu jawaban dari beberapa pertanyaan berikut ini : 
  • Kenapa ketika kita menggoreng telur ayam, yang tadinya berbentuk cair dapat berubah menjadi padat?
  • Ketika kita mengupas apel, kemudian kita menaruhnya di lingkungan terbuka tesentuh dengan udara, kenapa bisa menjadi cokelat ?
  • Ketika ibumu sedang memasak sayuran hijau (misal bayam) dia tidak menutup panci rebusan bayam tersebut, kenapa ? apa yang terjadi kalau ditutup ? mengapa bisa terjadi demikian ?
  • Ketika kamu membeli sebuah roti, kemudian kamu menyimpannya di dalam kulkas, setelah sekian lama roti mu akan berubah karakternya menjadi lebih keras. apa yang terjadi pada roti tersebut ? 
  • Ketika kamu memesan minuman jus jeruk, sebaiknya jangan daam kondisi panas, kenapa ? 
  • Bagaimana dan dari mana warna hitam minuman cola dihasilkan ?
  • Ketika minyak goreng rumah dibiarkan di ruang terbuka pada waktu yang lama, maka kualitasnya akan menurun ditandai bau yang tidak sedap, mengapa bisa terjadi ?
  • Bagaimana bisa daun yang tadinya hijau kemudian beubah menjadi cokelat ketika layu, apa yang terjadi ?
  • Kamu akan mengenal istilah baru seperti aktivitas air (aw) , dan apa pentingnya terhadap pangan
  • Minyak dan lemak pada dasarnya sama saja, namun apa yang menyebabkan terjadinya perbedaan fisik pada keduanya jika disimpan pada suhu ruang ? yang satu padat dan yang satu cair
          daan masih banyak hal lainnnya :D

- akan ada tugas untuk mencari enzim tertentu pada bahan pangan, fungsinya dan pemanfaatnya
Buku penunjang. Penulisnya ketua jurusan ini loh ! Soal-soal ujian kadang banyak keluar dari buku ini. Sampai semester akhir pun buku ini masihsering terpakai, karena informasinya oke punya.
kira kira apa yang akan terjadi dengan bahan pangan tersebut di dalam tubuh kita ketika sudah kita konsumsi ? kira-kira enzim apa saja dan bagaimana cara kerjanya di dalam tubuh yah ? kamu akan mengetahuinya ketika belajar di.....

#Biokimia Pagan Dasar
Spoiler : 
- diperoleh di semester 3
- lebih mengarah kepada , enzim enzim, proses pencernaan komponen pangan seperti karbohidrat, protein, air, dan lemak pada tubuh kita seperti apa, jika dulu di SMA pernah belajar glikolisis, siklus krebs, sinstesis DNA dan RNA, maka disini akan diulang kembali, dan lebih kompleks ! haha. Kamu juga akan belajar mengenai jenis-jenis asam amino, bagaimana mereka bisa bergabung bersatu membentuk struktur protein dan akhirnya menjadi bagian tubuh atau menjadi enzim untuk tubuh.
- hati-hati dengan matkul yang satu ini, banyak anak-anak yang jadi korban anjlok nilai disini, haha. kamu jangan sampe ikutan anjlok yah ! semangat :D
- akan ada tugas juga untuk mencari jenis enzim dan menentukan jenis EC enzim nya serta menentukan sequens Asam amino penyusunnya. Brace yourslef !
Buku ini jarang digunakan sih, ato malah ga pernah sama sekali. cuma sebagai referensi aja.
Ada juga buku biokimpang yang dibuat oleh dosen ITP nya sendiri (tapi gw ga beli sih , jadi gada fotonya hhe)
Misalkan kamu sudah mencoba untuk membuat sampel/ prototipe produk ciptaan kamu. Kemudian kamu menyimpannya untuk dipresentasikan besok hari ke pemberi modal untuk berbisnis. Ketika besok hari, alangkah terkejutnya kamu! ternyata , produk yang kamu buat ditumbuhi oleh sesuatu putih putih, dan beberapa bintik hitam di permukaannya dan menimbulkan aroma tidak sedap. 

Kamu bertanya kesana kemari apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Akhirnya kamu menemukan jawabannya. Rusaknyanya produk makanan kamu disebabkan oleh adanya mikroba. Oleh karena itu kamu harus mengetahui lebih dalam tentang mikroba yang dapat memepengaruhi kualitas produk pangan mu. Sehingga kamu akan belajar....

#Mikrobiologi Pangan
Spoiler : 
- diperoleh di semester 4
- berisi tentang jenis jenis mikroba yang baik dan jahat pada pangan. Mikroba yang dapat menjadi kontaminan pada pangan tertentu. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya. Metode yang digunakan untuk menghitung jumlah mikroba. Menghitung pertumbuhan mikroba dengan menggunakan software ! epic nih haha
- akan ada tugas kelompok yang dikumpulkan tiap minggunya mengenai mikroba yang mungkin menyerang pada bahan pangan tertentu (tiap minggu beda topik)
Buku penunjang. Penulisnya dosen ITP nya loh. Bu Wini dan Bu CC. 
Setelah mengetahui hal apa saja yang dapat membuat produk pangan mu menjadi rusak, kamu mulai berfikir bagaimana cara mengolah produk mu sehingga dapat lebih awet, memperanjang umur simpannya agar tidak mudah cepat rusak. oleh karena itu kamu diberikan mata kuliah ini

#Prinsip Proses Pengolahan Pangan
Spoiler  :
- diperoleh di semester 4
- berisi tentang cara-cara mengolah bahan pangan segar seperti sayuran dan buah buahan, cara mengawetkan bahan makanan dengan menggukanan sinar ohmic, gelombang mikro, dengan bahan kimia, asam atau gula, iradiasi, ekstrusi, pengeringan denga penggorengan dan pemanggangan serta perngawetan secara non thermal. 
- pertanyaan untuk ditanyakan saat kuliah : 
  • apakah pangan iradiasi berbahaya ? sejauh mana kemaanan mengkonsumsi pangan iradiasi ? bagaimana prosesnya ?
  • teknik apa yang digunakan oleh negara pengekspor buah2an/sayur2an segar sehingga produk mereka masih bisa tetap awet walaupun telah mengalami perjalanan yang sangat panjang ?
  • apa kelebihan masing2 metode pengawetan menggunakan sinar/panas/bahan kimia ? pada produk pangan apa teknik tersebut cocok digunakan /
  • bagaimana proses pengawetan makanan yang disimpan di dalam kaleng seperti sarden ? 
  • bagaimana bentuk desain kaleng tersebut agar bisa menjamin keawetan produk yang berada di dalamnya ?
          daan masih banyak lagi 
- akan ada tugas untuk mencari jenis buah-buahan /sayur sayuran berdasarkan sumbernya. Misal, sayuran dari dauun apa aja, sayuran dari batang apa aja, dari akaar apa aja, dst. Segera cari dari sekarang ! Kumpulin sebanyak banyaknya haha
Buku penunjang
Bisa juga pake yang ini
Phew, masih berniat untuk melanjutkan kah ?
mending istirahat dulu sejenak deh, minum sesuatu yang bisa bikin kamu semangat lagi sperti kopi atau teh atau cokelat hangat :)

Kalo udah selesai, yuk lanjut ke sini 


*btw yuk ikutan bisnis online iseng, kerjaanya cuma click link iklan, trus digaji deh, pembayan via paypal, payza, neletter, sambil iseng kalo lagi gaada kerjaan, klik link dibawah ini, ane juga udah daftar, dan baru dapet segitu (liat di gambar), mayaan *

4 comments:

  1. keren nih blog nya hehe :)
    udah cukup lengkap sih sampe semester 4 nya..
    ditunggu kelanjutannya gannn..
    sangat berguna hehe, thx bngt yah udah sharing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaap, Terimakasih sudah mampir ke sini :)

      Delete
  2. Ka, bisa bukunya masih terpakai tidak ya? Saya sangat membutuhkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tri Riyanti,
      Wah maaf sekali, buku nya sudah saya sebar ke adik kelas saya yang lainnya

      Delete

Since you've read this article, don't you mind to leave your traces here ? :)
*don't worry, you don't need to pay anything to comment, it's free~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...