Sunday, July 27, 2014

Ilmu dan Teknologi Pangan IPB ?

Hello....

Di postingan ini, saya ingin berbagi segelintir pengalaman saya ketika menjadi mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB.

Mungkin kamu/ kalian/ orang lain pernah kepikiran untuk bertanya ketika pertama kali mendengar Ilmu dan Teknologi Pangan / Tekpang / ITP IPB

*apa lagi ketika kamu sedang duduk di bangku SMA tingkat akhir yang sedang bergalau ria mau kuliah dimana, ambil jurusan apa, minat gua apa, jodoh gua dimana? , dan berbagai pertanyaan lainnya yang kadang bisa bikin nafsu makan kamu nambah berkali-kali lipet karena stress mikirnya (ga gitu juga sih)

Ini dia pertanyaannya :
# Jurusan Tekpang / Teknologi Pangan / Ilmu dan Teknologi Pangan, apaan tuh ? 
# Lulusan / alumninya gimana kerja dimana aja ?  prospek kerjanya oke ga ?
# Kuliahnya belajar apa aja sih ? ngapain aja gitu
# Ada ga kegiatan lain selain kuliah di Tekpang, yah semacam kegiatan ekstrakurikulernya gitu, diluar akademik ?
# Jalur masuk ke jurusan ini gimana ? persaingannya ? peluangnya ? 
# kira-kira jurusan ini cocok ga yah buat saya ?
# cerita perjuangan orang yang mau masuk ITP / yang sedang di ITP / yang sudah lulus ?

Okesip cukup segitu dulu pertanyaannya, nah sekarang jawabannya deh.

tapi sebelum itu, ada beberapa disclaimer yang harus kamu ketahui :
  1. Informasi yang  akan saya berikan merupakan hasil PENGALAMAN pribadi (namun tetap berusaha menyampaikan dengan fakta dan data yang ada *pada saat saya menulis)
  2. Jika terdapat perbedaan infomasi dari yang beredar diluar sana, maka balik lagi ke disclaimer 1
  3. Penting bagi anda untuk selalu update informasi terkini dan langsung dari sumber utama, agar disclaimer kedua saya dapat berfungsi :)
# Jurusan Tekpang / Teknologi Pangan / Ilmu dan Teknologi Pangan, apaan tuh ? 
hah ?
Apaan tuh yaak ?
Mungkin ketika mendengar nama jurusan itu, beberapa dari kamu atau bahkan orang tua / orang-orang diluar sana karena denger kata "Pangan" jadi ada yang sempat mikir kalau tekpang kegiatannya gini nih,


masak-masak,Azeeek
Jika melihat gambar diatas, teknologi pangan terkesan penuh dengan makanan dan masak masak. Yaa, di bilang gitu salah ga juga sih....
Faktanya salah satu kegiatan yang ada di teknologi pangan adalah membuat/menciptakan makanan. Namun yang perlu kamu kamu perhatikan disitu ada kata "Teknologi" sebelum pangan.

Kalo menurut wikipedia, teknologi pangan itu
Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) guna memperoleh manfaatnya seoptimal mungkin dan sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut.[1] Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisismikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Spesialisasinya beragam, diantaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan sebagainya.
kalo kamu baca lagi di link nya, kamu bisa tau tuh sejarahnya kenapa bisa ada teknologi pangan dan juga manfaat adanya teknologi pangan. Adanya kata "teknologi" di situ menjelaskan bahwa terdapat sentuhan teknologi dalam hal pengetahuan tentang ilmu pangan. Jika membuat makanan, maka ada aspek ilmu dan teknologi yang diterapkan. 

Pak Feri Kusnandar (Ketua Departemen ITP IPB sekarang ) pernah bilang gini, 
 " Food Science without Technology is cooking "

Informasi tentang teknologi lainnya sebenernya udah bejibun di Google, tinggal coba search saja

mengenai ITP IPB sendiri kamu nisa kepo-kepo leih jauh lagi langsung aja ke web resminya di link ini

# Lulusan / alumninya gimana kerja dimana aja ?  prospek kerjanya oke ga ?
berikut hasil survey yang telah dilakukan untuk persebaran alumni ITP (kepo dari FB nya bapak ketua departemen dan ternyata ada juga di website resmi ITP IPB nya )


nih kalo ada yang bilang IPB itu ujung-ujungnya masuk bank , ga terlalu berlaku yah kalo di ITP. 80% nya masuk ke bidang pangan lhoo~


nah kalo yang ini, hasil cari di LinkedIn punya akun saya. Bisa dilihat para alumni berkarirnya di perusahaan mana, masuknya kemana, posisinya jadi apa aja dan skills apa yang mereka kuasai.





Nah, udah tau alumninya kerja dimana aja, pertanyaan berikutnya yang biasanya muncul adalah UUD-nya (ujung-ujungnya duit / Salary) nya berapa yah ? haha. Dasar bocah. (saya juga dulu mikir gini sih pas mau milih ni jurusan .____.). Ga ada salahnya juga sih, kan namanya juga butuh informasi untuk bisa memilih demi masa depan lebih baik #eaaaa. 

Kalo udah bicara yang satu ini, bisa sangat-sangat bervariasi yah, tergantung banyak hal, tergantung perusahaan dimana kamu bekerja, posisi, dan juga skill kamu. Berdasarkan tanya-tanya kaka kelas, dan info dari lain lainnya, kalo diperush, biasanya yang fulusnya gede itu di bagian RnD (Research and Development), atau kalau kamu di perusahaan flavor, dan kamu jadi flavorist, beuh gede banget tuh, ada juga bagian marketing, trus QC (quality control) lalu produksi, dan sbg. Sekali lagi, kondisi ini bisa belum tentu selalu seperti ini. 

Masalah nominal, pernah denger aja sih dr Alumni dan kaka tingkat yang udah kerja, freshgraduate nya anak ITP IPB first salary nya minimal angka 3-4 jt mah ada kali. Bahkan ada juga yang sampe 10jt++.

Balik lagi, masalah uang/ penghasilan, itu bisa dihasilkan dimana-mana pun, selama kita bisa bekerja dan berkarya dengan sungguh-sungguh.

yang perlu kamu ingat adalah

dan kalo di lingkungan teman teman kampus, juga terkenal jargon
" Selama manusia belum bisa berfotosintesis, anak ITP akan tetap eksis " 

industri pangan itu ga akan pernah ada habisnya karena pangan itu sendiri udah menjadi kebutuhan dasar manusia. So, masalah kerjaan ? tenang aja bro, insyaallah dapet :)

# Kuliahnya belajar apa aja sih ? ngapain aja gitu
untuk yang satu ini, bahasannya di page ini aja ya --- Klik

# Ada ga kegiatan lain selain kuliah di Tekpang, semacam kegiatan ekstrakurikulernya gitu, diluar akademik?

Wah banyaaaak banget !! ITP IPB menyediakan wadah bagi mahasisswa untuk mengembangkan softskill diluar bagian akademiknya. Contohnya saja ada Himpunan Profesi yang dikenal dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu dna Teknologi Pangan (HIMITEPA). Disitu kamu bisa belajar berorganisasi layaknya kamu ikut OSIS sewaktu SMA. Dia juga punya banyak program kerja yang keren dan aplikatif. Sering banyak mengadakan event baik olah raga, seni, dan lomba-lomba tentang pangan, sehingga membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk menjadi panitianya. Nah kamu bisa ikut berpartisipasi disitu. Mau kepo lebih lanjut buka aja websitenya disini dan juga follow akun twitter nya di  untuk update berbagai macam event yang sedang/ akan berlangsung

Ada juga yang masih berkaitan dengan akademik. Di Jurusan ini kamu bisa mendapat peluang mengikuti program pertukaran pelajar ke Luar negeri !! yaitu ke Malaysia, Thailand, Vietnam bahkan Jepang !! untuk yang satu ini lihat di sini aja yak :)

# Jalur masuk ke jurusan ini gimana ? persaingannya ? peluangnya ? 

Jalur masuk nya bisa melalui SBMPTN undangan / tertulis, UTM, atau BUD (beasiswa utusan daerah). dan ada saatu lagi cara masuk melalui jalur yang sangat kece, yaitu mengikuti lomba cepat tepat ilmu pangan / LCTIP yang diadakan oleh HIMTEPA. Pemenang juara 1 yang mengikuti lomba ini akan mendapat Golden tiket masuk ITP IPB tanpa test !
asik banget kan tuh..

Persaingan nya bisa di bilang dari tahun ke tahun sepertinya semakin ketat ! Jumlah peminatnya sih kalo diperhatikan selalu masuk Top 5. Peluang masuknya ? yaa harus yakin bener dengan diri sendiri kalo bisa masuk insyaallah.

Yang saya ketahui, ada beberapa kriteria yang mungkin jadi penilaian peluan kamu diterima di jurusan ini, yaitu :
1. Akreditasi sekolah mu (Akreditasi A lebih besar peluang diterimanya)
2. Nilai/ rank kamu ada di urutan keberapa diantara temenmu yg pilih jurusan ITP ? (semakin atas semakin baik)
3. Urutan pilihan jurusan. Kalau kamu pilih jurusan ini pada urutan pertama di SNMPTN undangan, lebih dilirik sama ITP (walaupun ada jua temen yang dia nempatin di posisi kedua, tapi ini jarang banget dan langka ! )

yang perlu kamu persisapkan apalagi kalau lewat jalur undangan ya, nilai rapot mu yang kudu top cer. Jalur apapun yang kamu tempuh, jangan lupa sertakan doa di dalam nya agar diberi kelancaran :)

# kira-kira jurusan ini cocok ga yah buat saya ?

- apa kamu adalah orang yang suka penasaran dengan bagaimana suatu makanan itu diproduksi ? 
- apa kamu suka memeperhatikan dan mementingkan kualitas makanan yang kamu pilih ?
- apa kamu suka memperhatikan kandungan gizi makanan sebelum mengkonsumsinya ? 
- apa kamu suka dengan yang berbau mikrobiologi, fermentasi, yoghurt, kecap dan enzim ?
- apa kamu suka dengan beberapa reaksi-reaksi kimia pada bahan pangan? 
- apa kamu ingin tahu bagaimana bisa makanan dari bahan segar yang dipanen dari negara yang begitu jauh disana bisa dinikmati dalam kondisi yang segar juga di negara ini  ? :D
- apa kamu penasaran bagaimana perusahaan dapat menjaga kulaitas produk nya dalam skala besar dan waktu yang lama ?
- apa kamu penasaran bagaimana MUI bisa menetapkan produk ini dan itu bisa halal ?

kalau salah satu diantara itu iya, nah kamu boleh tuh coba ambil teknologi pangan sebagai pilihan jurusan yang akan kamu ambil :)

# komentar / cerita perjuangan orang yang mau masuk ITP / yang sedang di ITP / yang sudah lulus ?
berikut ada beberapa curhatan perjuangan orang yang inign masuk ke ITP IPB

Imam Perdana Putra - ITP 49
Harry Andiga - ITP angkatan 48
Stella Denisha - ITP angkatan 47

Ini cerita rumor yang beredar kalo ITP itu anak-anaknya individualis kah? 
Amalia Khoirunnisa - ITP angkatan 48

dan ini cerita kakak yang sudah pernah melewati masa ITP hingga tuntas :)

Ka Atika Luthfiyyah - ITP angkatan 44


bersyukurnya jadi anak ITP IPB
Yolanda Sylvia - ITP 44

39 comments:

  1. Replies
    1. Punten ka, pake namanya (belum izin nih, he) (^.^)v

      Delete
  2. Terimakasih atas infonya, saya menjadi semakin yakin untuk mendaftar teknologi pangan IPB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, sama-sama semoga bermanfaat dan lolos masuk ke Dept ITP :)

      Delete
  3. makasi infonya kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoo sama-sama, semoga bisa masuk ke jurusan ini ya :D

      Delete
  4. Jadi berminat untuk kuliah ITP di ipb, Tpi sy mau tanya kak, kan kalo ITP kita belajar pengawetan makanan, nah apakah nantinya kita akan dituntut untk selalu menghasilkan produk berpengawet? Dan apakah produk berpengwet tsb ramah bagi tubuh?

    ReplyDelete
  5. Tidak semua pangan harus menggunakan pengawet, justru kalau bisa kita tidak menggunakan pengawet. Tetapi, sekalipun kita akan menggunakannya, tentu kita harus mengikuti aturan yang ada/ sudah ditetapkan. Di Indonesia, ada lembaga yang mengatur tentang keamanan dan batas-batas maksimum penggunaan pengawet pada pangan yaitu BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Jadi bahan pengawet2 yang kamu temukan pada makanan jajanan ringan hasil produksi industri pangan yang ada disekitar mu tentu industri tersebut sudah mengikuti aturan dari BPOM, sebab BPOM akan selalu mengaudit produk2 seperti itu sebelum dilepas ke masyarakat. Jika pun ada suatu pengawet yang hasil penelitian terkini dapat menyebabkan bahaya, maka sudah produk tersebut akan ditarik dan dilarang diedarkan dimasyarakat.

    Nanti deh ya, masalah penggunaan pengawet akan ada postingannya sendiri :)

    ReplyDelete
  6. Kak page ini menguatkan tekat saya.. semoga saya bisa jadi salah seorang adek kelas kakak yaps :D semangat ITPIPB bisaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, good luck miftahus sa'diyah :)
      wish you all the best

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih informasinya kak. Sangat bermanfaat. Saya tertarik dgn jurusan teknologi pangan di IPB. Tp yg membuat sya ragu adalah sya menjadi kurang prcaya diri karna kabarnya ITP di IPB mrupakan salah satu jurusan yg byk peminatnya dan daya tampungnya pun sedikit. Jika saya tempuh dgn jalur SBMPTN pun passing grade ITP IPB sangat tinggi😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well dulu sy juga sempat minder kok, tapi ttep coba dan usaha. Dan alhamdulilah keterima :)

      Tetap semangat novita (y)

      Delete
  9. Kak aku ingin banget masuk tekpang IPB/unibraw. Tapi aku lebih kuat di biologi daripada kimia/fisika. Apa peluang masuk kecil? Apalagi tekpang IPB saingannya sangat banyak .-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah, hayu daftar aja...
      Kalo peluang ya balik lagi seperti penjelasan diatas. Kalo kamu kuat d biologi, kamu bisa masuk ke penjurusan jadi mikrobiologi pangan nnti. Di kerjaan, staff/bos yg bagian mikrobiologi masih langka lho, so bisa jd peluang tuh untuk dicari di perush :)

      Delete
  10. Kak, kalo di 1 sekolah yang daftar ipb banyak, apa peluang masuk bakal sedikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pada milih jurusan apa dulu,

      Kalo semuanya mayoritas pd pigin ke tekpang, dn nilai kamu ga masuk dalam 5 besar di angkatan itu, ya kemngkinan kecil sih

      Kcuali yg milih jurusan ini cuma 3-5 org aja, dalam astu angkatan kamu, dn kamu masuk dalam 3 besarnya

      Delete
  11. makasih infonya kk' saya sudah begitu yakin dengan pilihan saya untuk kuliah di IPB dengan Tekpang ...

    ReplyDelete
  12. Makasih kak untuk infonya, barusan aku habis konsul di bimbel gtu ternyata direkomendasikan snmptn ke ipb tekpang. Tapi kyk dominan bio jdi aku agak takut lemah disitu soalnya aku lebih seneng ngitung sm kimia gtuu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga telalu dominan bio kok :)
      disini kita balance, ada masanya untuk dominan ke Kimia, ada masa untuk ke Bio, dan untuk Fisika ga terlalu banyak yang kaya di SMA.

      Materi yang masuk pada saat kamu sudah di departemen ITP, paling tentang termodinamika (ini doang yang kebanyakan anak2 punyeng, haha), selebihhnya banyak tentang kimia dan mikrobiologi pangan. Inget ya, kimia dan bio nya tentang pangan loh, udah ga kaya kimia dan bio yang di SMA lagi.

      Delete
  13. Kak, mau tanya, sya kan mau ingin sekali masuk tekpang ipb, tetapi tahun lalu saat snmptn kakak kelas saya yang diterima di jurusan silvikultur tdk diambil, apakah akan ada penghalang seperti pengurangan kuota untuk saya masuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman kk dari alumni salah satu SMA di bogor juga pernah cerita, sekolah dia pernah kena kasus serupa. kaka kelasnya banyak banget yang membatalkan untuk masuk ke Univ ini, padahal sudah diterima. So, imbasnya ke angkatan berikutnya/ dibawahnya di sekolahmu. Ada pengurangan jumlah total kuota siswa secara kesuluran untuk diterima masuk ke IPB (bukan berdasarkan juruan tertentu).

      *perlu diingat, ini karena yg membatalkan untuk ngambil banyak banget. Yaa tapi ga menutup kemungkinan juga walaupun sedikit yg batalin, IPB akan ngurangin kuota dari sekolah mu untuk diterima

      Delete
  14. kaka berkat tulisan kaka aku jadi yakin milih jurusan itp d ipb.
    Dan alhamdulillah aku lulus ka jalur sbmptn.
    Suka banget baca blog kaka smpe d print ka biar jadi penyemangat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai anisa,
      Btw selamat ya diterima di ITP, selamat bergabung (y)

      Alhamdulillah yaa kalau termotivasi bacanya
      Semangat menjalani perkuliahanny,
      Saran sy dr awal kamu harus tetapkan mau fokus ke bidang apa. Supaya selama proses pembelajaran, kamu akan fokus dengan matakuliah yg berhubungan dengan bidang minat kamu.

      Delete
  15. wehehe,baru tau kalo ada nama gua disini, hehe. Jadi malu loh... Tapi maap-maap nih kak, nama gua Imam Perdana Putra bukan Kusuma wakakak

    ReplyDelete
  16. Sistem uang pangkal dan spp tiap semester bagaimana ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sintia,
      Maaf baru reply,

      Kalau dulu di angkatan saya, nominal uang pangkal berdasarkan pada
      1. Jumlah total pendapatan kedua orang tua mu. dibagi menjadi beberapa golongan (misal range 0 - 1,5 jt; 1,5- 3jt; dll).
      2. Jurusan. Karena ITP termasuk jurusan yg mempunyai urusan di bidang praktikum dan peralatan lab lab, jadi akan ada biaya sedikit lebih tinggi dibanding jurusan yang tanpa ada praktikum.

      Untuk SPP, ada biaya :
      1. BPMP (biaya per.. aduh lupa kepanjangannya apa) : ini biaya yang besarannya disesuaikan dengan pendapatan ortu mu. Dan jumlahnya akan selalu sama disetiap semester
      2. BPMK (Biaya per Mata Kuliah) : ini biaya yang besarnya tergantung mata kuliah apa yang akan kamu ambil di semester berjalan nanti. Semakin banyak yg kamu mau ambil, yaa semakin banyak juga yang harus kamu bayar. Tiap mata kuliah punya besaran harga yang berbeda beda juga.

      Kalau di angkatan setelah saya, sepertinya sitemnya sudah mulai berubah. Saya juga belum terlalu update. Namun sistemnya menjadi sistem uang kuliah tunggal (UKT), dimana nominal setiap semesternya akan selalu sama, baik kamu mau ambil mata kuliahnya banyak atau sedikit, selain itu jumlah uang pangkal saat masuk bisa berkurang drastis. Namun sistem ini, sesungguhnya hanya memecah pembayaran uang pangkal yang tadinya ada diawal menjadi tersebar ke setiap semesternya.

      Delete
  17. Hello. Do you have any e-mail address that I could contact? I have a huge interest in food technology and I'd like to know more. Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Prilly,
      you can contact me on Lkmnthr@gmail.com

      *sorry for the superlate reply.

      Delete
  18. Teknolog pangan sekali :)
    Salam kenal saya alumni tekpang ugm.
    Boleh berbagi info di sini ya pak untuk audience blog ini, tentang prospek kerja alumni teknologi pangan. Bisa dibaca di sini Prospek kerja alumni teknologi pangan sangat bagus.Bahkan, tak harus bingung cari kerja, ilmu yang didapat di kampus sangat berguna dalam merintis usaha pangan sendiri. Silahkan kunjungi keterangan saya di sini http://teknologipangan.net/prospek-kerja-teknologi-pangan/
    TRims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello yang disana,
      Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Delete
  19. reviewnya seru, sukses terus ya bang, masih kelas 11 nih, tapi kalau punya ambisi utk masuk itp gapapa kan?
    btw abang sudah lulus dan kerja belum?
    terimakasih sekali lagi ya baaang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget dong, bagus malah udah punya ambisi sejak SMA...
      Kamu jadi tau apa yang kamu mau kejar dan perjuangkan..

      Alhamdulillah udah nih, jadi pengangguran 3 bulan, abis itu ilang status nganggurnya

      Siip, semoga bermanfaat yaa.
      Tetap semangat !

      Delete
  20. Kak kuliahnya pakai bahasa inggris atau indonesia ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rinda,

      Kamu bisa pilih kelasnya nanti, mau masuk yang kelas bahasa inggris atau yang bahasa Indonesia

      Delete
  21. Selamat pagi. Kak mau tanya, cowo yg masuk jurusan teknologi pangan ini banyak gak sih? Saya mau masuk teknologi pangan tapi saya masih ragu, ngeri cowo nya sedikit. Mohon infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fyi aja,
      di angkatan saya, proporsi cowo : cewe = 40 : 60 lah..
      Tenang, masi banyak ko (y)

      Delete

Since you've read this article, don't you mind to leave your traces here ? :)
*don't worry, you don't need to pay anything to comment, it's free~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...